Jofipay- Biro Statistik Australia (ABS) pagi ini Kamis (16/7) melaporkan tingkat pengangguran bulan Juni capai 7,4%, naik dibanding bulan sebelumnya yang ada di level 7,1%.
Tingkat pengangguran Australia bulan Juni melonjak ke tingkat tertinggi sejak akhir periode 1990-an.
Berdasarkan data ABS, tingkat pengangguran bulan Juni adalah level tertinggi sejak November 1998. Selain itu, tingkat partisipasi juga naik 130 bps menjadi 64%.

Penurunan jumlah penderita korona di Australia pada bulan April dan Mei mendorong lonjakan lapangan kerja sampai 210.800,tetapi masih terjadi lonjakan tingkat penggangguran di Australia.

Jumlah lapangan pekerjaan baru di bulan Juni pun lebih baik dibandingkan dengan proyeksi ekonom yang di survei oleh Reuters, yang memperkirakan peningkatan sekitar 112.000 pekerjaan

Meningkatnya tingkat penggangguran Australia membuat pair audusd tergelincir dari harga tertingginya dalam sebulan.
Pair audusd sempat menguat dikarenakan menguatnya optimisme investor yang mengangkat perdagangan aset resiko dan merugikan posisi safe haven dolar AS. Sentimen positif pasar merespon berita optimis tentang uji klinis vaksin coronavirus yang menguntungkan pergerakan saham bursa Amerika dan juha posisi imbal hasil obligasinya.

Pair audusd yang pada perdagangan kemarin menguat hingga level 0.70355 saat ini tergelincir 0,33% atau 0,0023 poin menjadi 0.6985 per dolar AS.