Jofipay- Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah juga melemah di perdagangan pasar spot,
di kurs tengah BI berada di level Rp 14.369 per dolar AS.

Pada situs Bloomberg siang ini pukul 11:17 WIB rupiah berada di Rp 14,241.50 per dolar AS,melemah 0.15% atau 21.50 poin dari penutupan sebelumnya di Rp14,220.00 per dolar AS.

Pada Jumat (26/6/2020) pergerakan nilai tukar rupiah lanjut ditutup melemah 45 poin atau 0,32 persen ke level Rp14.220 per dolar AS, setelah berakhir di level Rp14.175 per dolar AS pada Kamis (25/6/2020).

Pelaku pasar kembali cemas dengan perkembangan penyebaran Covid-19 yang belum kunjung reda, bahkan di beberapa negara terdapat lonjakan kasus baru. Kenaikan kasus itu akan membuat sejumlah negara kembali menerapkan karantina wilayah (lockdown) meski lingkupnya terbatas.

Kurs rupiah hari ini sendiri diprediksi masih berpeluang melanjutkan tren pelemahan. Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menilai pasar saat ini masih diselimuti ketidakpastian yang tinggi. Kendati demikian, Ibrahim memperkirakan, pelemahan rupiah cenderung terbatas.

"Pasar saat ini masih cenderung akan menghindari aset berisiko seiring rilis dari IMF yang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi. Ditambah lagi, gelombang kedua virus corona semakin menghantui setelah kasus positif semakin melonjak di berbagai negara," kata Ibrahim kepada Kontan.co.id, Minggu (28/6)

Setali tiga uang, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara memperkirakan, rupiah pada esok hari akan mengalami koreksi. Bhima menilai, dari sisi eksternal, penyebaran virus corona masih jadi sentimen utama penggerak rupiah.

“Kalau dari dalam negeri, laporan bank dunia memberikan sentimen negatif terhadap emiten BUMM karena adanya kenaikan utang BUMN disebabkan oleh penugasan-penugasan yg memberatkan perusahaan negara," jelas Bhima.

Sementara mata uang utama Asia lainnya bergerak variatif di hadapan dolar Amerika Serikat. Namun meski depresiasnya terbatas, rupiah sudah menjadi mata uang terlemah di Asia.