JofiPay-Survey yang dilakukan oleh media kenamaan Bloomberg terhadap perkonomian Jepang menghasilkan prediksi bahwa perekonomian pada bulan pertama tahun ini akan turun sekitar 0,3 persen.
Ekonomi negeri mata hari terbit itu diprediksikan akan mengalami penurunan pada tiga bulan pertama tahun 2019 ini.

Ada beberapa faktor yang mendukung terjadinya penurunan ini,salah satu diantaranya adalah kebijakan pemerintah Jepang yang rencananya akan menaikkan pajak dari 8 persen menjadi 10 persen untuk mengurangi beban utang.

Beberapa pakar ekonomi dan kritikus berpendapat bahwa kebijakan ini akan membawa Jepang keluar dari jalur perbaikan ekonomi, terlebih lagi ketika prospek pertumbuhan terlihat rapuh akibat perlambatan global dan ketegangan yang meningkat pada perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China.

Taro Aso Menteri Keuangan Jepang mengatakan bahwa kenaikan pajak dibutuhkan untuk membiayai jaring pengaman sosial (social safety net), dan pemerintah akan tetap mengimplementasikan kebijakan tersebut.

Sementara itu, anggota parlemen dari Partai Liberal Demokrat yang berkuasa, Koichi Hagiuda, mengungkapkan bahwa data ekonomi yang buruk pada akhir kuartal ini dapat menempatkan wacana kenaikan pajak di posisi yang tidak menguntungkan.