JofiPay- Pada perdagangan awal pekan harga minyak dunia berbalik melemah,Kali ini, pergerakan harga dipengaruhi oleh sikap investor yang mencerna beragam informasi terkait langsung atau tidak langsung dengan jumlah pasokan dan tingkat permintaan minyak.

Pada perdagangan Selasa pagi, 8 Oktober 2019, minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman November turun USD0,06 menjadi menetap di USD52,75 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember turun USD0,02 menjadi USD58,35 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia turun pada perdagangan Senin waktu setempat, setelah memudarnya harapan yang komprehensif mengenai kesepakatan perdagangan Amerika Serikat (AS)-China. Selain itu, laporan juga menunjukkan adanya peningkatan persediaan minyak mentah AS.

Sedangkan produksi minyak mentah oleh Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mencatat penurunan bulan-ke-bulan paling tajam dalam hampir 17 tahun pada September, menurut survei S&P Global Platts. Kondisi itu mengurangi pasokan global.

Produksi OPEC bulan lalu merosot 1,48 juta barel per hari (bph) dari Agustus menjadi 28,45 juta bph, karena terbebani oleh serangan terhadap fasilitas pengolahan Abqaiq Arab Saudi dan ladang Khurais, serta sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela.