JofiPay-Pada perdagangan Jumat (13/4) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguatsetelah sehari sebelumnya mengalami penurunan.ndeks acuan saham domestik bergerak naik 22,45 poin ke level 6.333,25.

Sektor-sektor utama penggerak IHSG mencoba bergerak naik,Aneka industri dan pertambangan memimpin dengan penguatan 0,83% dan 0,73%. Sekitar 140 saham menguat, berbanding 42 saham yang turun.

Penguatan IHSG sepertinya mengikuti penguatan saham-saham Asia yang bergerak dizona hijau,Nikkei 225, Kospi dan ASX 200 dibuka di zona hijau.

Presiden Donald Trump mempertimbangkan untuk bergabung kembali dengan kesepakatan perdagangan bebas Trans-Pacific Partnership (TPP) yang ia cabut tidak lama setelah mengambil alih pemerintahan.Hal ini bisa sedikit meredakan tensi perang dagang yang sedang berlansung.

Trump juga menyebut bahwa AS dan China mungkin tidak akan menarik tarif pajak baru satu sama lain menyusul komentar damai yang disampaikan Presiden China Xi Jinping pada Selasa lalu. Sentimen ini pula yang mendongkrak pasar saham AS pada sesi Kamis. Fokus pasar kini beralih pada musim laporan keuangan perusahaan di AS.

Harga minyak mentah masih terus merangkak naik seiring isu di Timur Tengah yang kemungkinan akan terjadi konflik antara Nato dengan Suuriah.

Hal ini bisa menghambat pasokan minyak di pasar global. Bahkan, minyak WTI di pasar AS ditutup di level tertinggi tiga tahun pada Kamis. Di sisi lain, harga emas berjangka turun tajam di tengah rebound pasar saham.