JofiChanger,Harga emas bergerak mencapai harga tertingginya dalam beberapa minggu sebelumya pada hari kemarin Kamis 10/01,Mengguatnya harga emas dipicu pelemahan dolar terhadap sejumlah mata uang lainya.

Untuk pengiriman bulan Februari harga emas naik US$ 5,6 atau 0,4 persen ke posisi US$ 1.319,30 per ounce usai sentuh level tertinggi sejak 15 September di US$ 1.328.

Indeks dolar AS turun 0,2 persen terhadap beberapa mata uang lainya,pelemahan dolar mempengaruhi harga emas,

Indeks dolar terhadap Yen Jepang bahkan turun lebih dari 1 persen hal ini dikarenakan Bank central Jepang akan memangkas pembelian obligasi.

Perlu diketahui bahwa nilai dolar sangat mempengaruhi harga emas dikarenakan sebagian besar komoditas ditransaksikan dalam dolar AS.Melemahnya dolar mendukung pergerakan emas.Tekanan dibursa saham juga mendorong investor untuk krmbali kr logam mulia.

kenaikan harga emas juga dipicu oleh investor.menurut pandangan beberapa investor pasar saham sudah overvalue,sehingga para investor memindahkan ke aset yang lain,itu merupakan strategi investor.

Aksi jual obligasi juga mewarnai perdagangan kemarin,itu disebabkan China yang akan memperlambat atau bahkan memangkas pembelian obligasi AS.

Sementara itu harga logam lainya Palladium mengalami penurunan 1,9 persen ke posisi US$ 1.077,40 per ounce. Harga platinum naik 0,7 persen ke posisi US$ 978,80 per ounce. Harga perak menanjak 0,2 persen ke posisi US$ 17.035 per ounce.