JofiPay-Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah memberikan himbauan kepada warganya untuk mempersiapkan diri dalam penyebaran virus corona yang lebih luas.
Peringatan dari pemerintahan Donald Trump ini dikeluarkan setelah melihat perkembangan meluasnya virus ini di Iran, Korea Selatan, dan Italia.

Nancy Messonnier selaku pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan ata penyebaran virus selama sepekan terakhir telah meningkatkan kemungkinan penularan di AS. "Gangguan pada kehidupan sehari-hari mungkin parah," ujarnya.

Meski risiko langsung dari virus Corona di AS tetap rendah, kewaspadaan sangat diperlukan. Pejabat CDC Dr. Anne Schuchat mengatakan, tidak ada lagi pertanyaan apakah virus itu akan menjadi pandemi global. "Ini pertanyaan kapan dan berapa banyak orang yang akan terinfeksi," ujarnya.

Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar juga meminta subkomite Senat untuk menyetujui anggaran US$ 2,5 miliar untuk memperluas sistem pengawasan virus corona, membantu pengembangan vaksin dan meningkatkan stok peralatan pelindung.

Pakar WHO mendesak negara-negara untuk meningkatkan persiapan. "Pikirkan virus ini akan muncul besok. Jika kamu tidak berpikir seperti itu, kamu tidak akan siap," kata Bruce Aylward, kepala misi gabungan WHO-China terkait wabah Corona.

Secara total, dari data terbaru John Hopkins University CSSE hingga pukul 6:25 WIB, ada 80.413 orang terinfeksi dan 2.708 orang meninggal karena corona di dunia.