JofiPay-Nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi ini dibuka melemah di pasar spot.Pukul 8.12 WIB, rupiah spot berada di Rp 14.082 per dollar Amerika Serikat (AS). Rupiah melemah 0,11% jika dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin pada Rp 14.067 per dollar AS.

Mengutip situs Bloomberg pagi ini pukul 09:02 WIB nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah 23 poin atau 0,16 persen menjadi Rp14,090 per dolar AS,pada penutupan kemarin rupiah berada pada harga Rp14,067 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sempat menguat setelah pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell di hadapan kongres AS, Rabu (10/7) waktu setempat yang membuka peluang pihaknya akan memangkas suku bunga acuannya pada rapat komite pasar federal terbuka (FOMC) akhir bulan ini.

Di dalam risalahnya, Powell menyebut bahwa pemangkasan suku bunga acuan Fed Rate dalam waktu dekat dapat membantu meminimalisir dampak dari guncangan terhadap ekonomi di masa depan.

Di Asia, nilai tukar dollar AS bergerak mixed menjelang akhir pekan ini. Sejumlah mata uang bergerak melemah bersama dengan rupiah. Pelemahan terbesar tampak pada won yang melemah 0,32%.

Rupiah menyusul dengan pelemahan terbesar kedua, diikuti oleh dollar Singapura, dollar Hong Kong dan yuan offshore. Sedangkan penguatan mata uang lokal terjadi pada ringgit, baht, peso, dan yen.

Sementara itu indeks dolar AS yang mengukur kekuatan Greenback terhadap mata uang utama turun 0,086 poin atau 0,09 persen menjadi 96,572 dari penutupan sebelumnya di 96,700.