JofiPay-Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS,hari ini berpotensi unutk melanjutkan penguatan pada perdagangan pasar spot hari ini.

Tren penguatan kurs rupiah (IDR) terhadap dola (USD) itu bisa saja berlanjut hari ini, Selasa (28/5/2019). Analis memprediksi bahwa sepekan jelang hari raya Idulfitri biasanya kurs rupiah cenderung naik, walaupun hal itu belum terkonfirmasi sebagai sebuah tren.

Sedangkan pada situs Bloomberg Selasa pukul 09:20 WIB nilai tukar rupiah terhadap dolaR AS,berada pada level Rp14,380. per dolar AS,menguat 11.5 point atau 0,08 persen dari penutupan sebelunya yang berada di Rp14,391.50 per dolar AS.Pada perdagangan kemarin rupiah juga menguat 0.07%.

Penguatan nilau tukar rupiah terhadap dolar AS ini belum bisa disebut sebagai sebuah tren kenaikan,dikarenakan mendekati hari libur Idul Fitri permintaan akan rupiah membesar (banyak),sehingga rupiah terkerek naik.

Dari faktor eksternal,melemahnya data perekonomian AS juga membuat melemahnya dolar AS,sehingga dominasi dolar AS menjadi melemah.
Para pengamat politik berpesan agar para pelaku pasar cermatr dan waspada bila kenaikan ini bisa saja hanya semnetara.