Jofipay- Harga minyak dunia yang sempat naik pada perdagangan sebelumnya,pagi ini harga minyak diperdagangkan turun.
Harga minyak mentah dunia Kamis pagi (16/07) terjadi penurunan setelah OPEC dan sekutu seperti Rusia sepakat untuk mengurangi pembatasan pasokan dari Agustus, meskipun penurunan itu didukung oleh harapan peningkatan permintaan minyak Amerika Serikat (AS).

Pada situs Bloomberg pukul 09:00 WIB untuk harga minyak WTI kontrak bulan Agustus 2020 turun 0.24% menjadi US$41,10 per barel,sedangkan untuk minyak Brent kontrak September 2020 turun 0.09% menjadi US$43,75 per barel.

OPEC dan rekan, pada hari Rabu sepakat untuk mengurangi skala pengurangan produksi minyak dari Agustus karena ekonomi global perlahan pulih dari pandemi corona.

Sejak bulan Mei OPEC dan rekan telah memangkas produksi minyak sebesar 9,7 juta barel per hari atau 10% dari pasokan global, tetapi mulai Agustus, pengurangan secara resmi akan berkurang menjadi 7,7 juta barel per hari hingga Desember.

Meskipun ada kesepakatan resmi OPEC +, Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan pengurangan produksi pada Agustus dan September akan mencapai sekitar 8,1 juta-8,3 juta barel per hari, lebih dari jumlah utama.

Diperkirakan harga minyak masih akan stabil,dikarenakan data yang dirilis oleh Badan Informasi Energi (EIA) menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 7,5 juta barel pekan lalu. Penurunan itu jauh lebih besar dibandingkan dengan ekspektasi para analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan penurunan hanya akan mencapai 2,1 juta barel.