JofiPay-Pada tahun ini The Fed telah menaikkan suku bunga tiga kali,dan kemungkinan masih akan mengerek naik lagi sebelum akhir tahun.

Presiden AS Donald Trump mengomentari rencana kenaikan suku bunga The Fed untuk yang ke empat kalinya,dalam perjalanannya ke Pennsylvania Trump mengatakan "Saya pikir The Fed membuat kesalahan. Mereka sangat ketat. Saya pikir Fed sudah gila."

Kenaikan suku bunga yang cepat menyebabkan kekhawatiran dan ketakutan,hal ini menyebabkan Dow Jones Industrial Average turun lebih dari 800 poin pada hari Rabu. S & P 500 membukukan hari terburuknya sejak Februari dan merebut lima hari beruntun pertama sejak 2016.

"Sebenarnya, ini adalah koreksi yang sudah lama kami tunggu, tetapi saya sangat tidak setuju dengan apa yang dilakukan Fed," tambah Presiden.

The Fed telah menaikkan suku bunga tiga kali tahun ini dan sebagian besar diharapkan untuk naik sekali lagi sebelum akhir tahun.Rencana kenaikan suku bunga untuk yang keempat kalinya mendapat reaksi dari Trump, "khawatir tentang fakta bahwa mereka tampaknya suka menaikkan suku bunga, kita dapat melakukan hal-hal lain dengan uang," katanya.

Sarah Sanders yang merupakan Sekretaris pers Gedung Putih sedikit meremehkan aksi jual tajam yang terjadi hari Rabu di Wall Street,menurut dia perekonomian AS masih dalam kondisi baik.

"Fundamental dan masa depan ekonomi AS tetap sangat kuat," kata Sanders dalam sebuah pernyataan. Kebijakan ekonomi Presiden Trump adalah alasan untuk keberhasilan bersejarah ini dan mereka telah menciptakan dasar yang kuat untuk pertumbuhan yang berkelanjutan."

Suku bunga telah meningkat selama beberapa minggu terakhir, dengan catatan Treasury 10-tahun benchmark - barometer untuk utang perusahaan dan tingkat hipotek - naik ke level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun.

Mengikuti langkah bank sentral untuk menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini, Ketua Fed Powell mengatakan dalam sebuah wawancara dengan PBS bahwa kebijakan moneter AS "jauh dari netral," menunjukkan tingkat suku bunga depan memiliki ruang lebih untuk naik.